web gratis

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Friday, 23 October 2015

POLYESTER - PENGUJIAN ANGKA PENYABUNAN ( SAPONIFICATION NUMBER ) PADA HASIL ESTERIFIKASI

LANJUTAN PENGUJIAN HASI ESTERIFIKASI TENTANG ANGAKA PENYABUNAN

Melanjutkan materi sebelumnya mengenai apa saja yang harus diuji dari hasil proses Esterifikasi, disini kita lanjutkan mengenai pengujian angka penyabunan atau Saponification number, guna mengetahui nilai derajat Polymerisasi setiap step reaksi pada reaktor.
Prinsip Analisa :
Sampel disaponifikasi menggunakan larutan Ethanolic Potassium Hidroxide ( KOH etanolic ) berlebihan, kelebihan dititrasi kembali dengan Asam Sulfat









Prinsip kerja analisa :
Sample dihancurkan menggunakan grinder, untuk meredam panas dan mempermudah pengancuran saat meggrinding ditambahkan Nitrogen cair, atau Dry Ice, kemudian timabng antara 0.5 - 0.6 gr sampel tersebut, masukan ke dalam Erlenmeyer 300 cc, tambahkan 50 ml campuran pyridine/Air,dan 25 ml larutan KOH ethanolic 0.5 N, masukan batu didih, pasang dibawah reflux berpendingin dan diatas hotplate.
Lakukan reflux pada suhu didihnya selama 4 jam, setalah 4 jam pastikan semua sample larut sempurna.
, kemudian didinginkan dan bilas kondensor menggunakanaie destilasi samapai kira-kira volume menjadi 200 ml.
Taruh Erlemeyer hasil proses tersebut diatas plate pengaduk magnet, masukan batang pengaduk magnet,tambahakn 10 tetes indikator phenolphtelaine kemudian titrasi larutan dengan larutan Asam Sulfat 0.5 N sampai perubahan warna dari pink menjadi jernih.










Post a Comment

MACAM-MACAM MANFAAT LILIN

TERNYATA LILIN BANYAK SEAKALI MANFAATNYA Hampir setiap orang mengenal lilin, yang terbuat dari parafin, dengan warna dasr adalah putih, ...