web gratis

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Wednesday, 26 August 2015

Fume Hood, Almari Asam pada labortorium anda sudahkan memenuhi standart lingkungan ?

FUME HOOD ALIAS ALMARI ASAM PADA LABORATORIUM ANDA APAKAH SESUAI KETENTUAN DAN MEMENUHI STANDART LINGKUHAN  ?

Apa itu Fume Hood ? kalau laboran, Analyst, orang Indonesia menyebutnya Almari Asam, yang mana alat tersebut untuk proses reaksi asam basa ataupun penanganan dari bahan-bahan kimia yang mengeluarkan atau menimbulkan gas buang yang sangat berbahaya bagi analis maupun laboran.
Untuk itu dalam proses penanganan tersebut harus dilakukan dibawah Fume Hood, dan fume hood harus dilengkapi blower yang memadai yang mampu menhisap dengan kuat sehingga gas-gas kimia yang beracun bisa dibuang keluar sehingga tidak meracuni analis atau laboran, permasalahanya... apakah cukup hanya sampai disini ? apakah dengan membuang gas beracun ke udara luar sudah selesai ? tentunya tidak bisa demikian,karena gas beracun yang bersifat asam akan membentuk rumah kaca, dan apabila saat turun hujan akan jatuh dan mencemari bumi, oleh karena UU no 23 tentang lingkungan hidup mengatur bahwa setiap badan usaha atau aktifitas yang melakukan pembuangan gas-gas ( mengemisikan ) berbahaya ke lingkungan harus dilakukan penetralan terlebih dahulu, maka dari itu sekarang telah kami kembangkan penetral gas buang dari almari asam yang kami beri istilah ACID FUME SCRUBBER, yang mana alat tersebut berfungsi untuk menjebak, mereaksikan gas buang yang bersfifat racun menjadi bentuk garam-garaman, sehingga menjadi netral, dan udara yang diemisikan benar-benar bersih dan sudah tidak akan mencemari lingkungan.
CONTOH FUME HOOD DAN FUME HOOD DENGAN ACID FUME SCRUBBER



Hal sangat penting bahwa sebuah industri yang melibatkan pengujian secara laboratorium diharuskan memiliki Almari Asam atau Fume Hood, dan sekolah-sekolah menengah kejuruan berbasis kimia, kesehatan yang mana para lulusanya  diorientasikan kerja di bidang laboratorium, mestinya sekolahnya juga terdapat laboratorium untuk proses belajar praktikum, dan siswa-siswa tersebut sudah dibekali tentang pengetahuan dan praktik menggunakan Fume Hood.

Post a Comment