Juni 08, 2015

CARA MENGGUNAKAN ANALYTIC BALANCE ( TIMBANGAN ANALITIC )

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGGUNAKAN ANALYTIC BALANCE 

( TIMBANGAN ANALITIC )


Bagi para praktikan, Laboran, Anlayst, siswa SMK jurusan kimia maupun analis kesehatan, mahasiswa Farmasi, pembimbing laboratorium, pranata Laboratorium dll tentunya tidak asing dalam penggunaan timbangan Analitik ( AnalytisBalance ) yang mana dalam setiap praktikum untuk pembuatan larutan dari bahan kimia powder, atau apa saja pasti tidak lepas dari Timbangan Analytic.

BACA JUGA ARTIKEL INI : MENGENAL MACAM-MACAM TIMBANGAN
Adapun dalam penggunaan timabanga ada hal-hal yang harus diperhatikan demi keakuratan konsentrasi dalam larutan maupun campuran,:
1. Yakinkan timbangan dalam keadaan bersih.
2. Yakinkan level timbangan selalu dalam datar air dengan indikator water level gelembung udara tepat di tengah, apabila tidak level tidak datar air, atur dengan memutar sekrup bagian bawah timbangan di sisi belakang, caranya , bila gelembung uadara ada bagian kanan berarti timbangan lebih tinggi di bagian kanan, maka putarlah sekrup bagian kiri searah jarum jam demikian sebaliknya, bila gelembung udara ada pada posisi dekat kita berarti timbangan lebih tinggi bagian depan, maka putarlah ke 2 skrup belakang ke searah jarum jam demikian sebaliknya.
3. Yakinkan timbangan terkalibrasi, ada prosudur pengalibrasian dari timbangan tersebut dari produsen, juga lakukan kalibrasi ekternal dari badan metrologi.
4. Letakan timbangan yang terhindar dari hembusan udara langsung.
5. Yakinkan penunjukan angka tidak drifting.
6. Yakinkan saat menimbang dan mengambil data kaca timbangan tertutup rapat.

 
Silahkan buka artikel ini :
PEMBUATAN RUANG LABORATORIUM YANG BENAR 

 
Berikut contoh timbangan Analitic.

  

Apabila menginginkan timbangan dari berbagai jenis, silahkan hubungi kami :
Sunarta
WA : 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com
            sunartapriyayikeren@gmail.com

Tidak ada komentar:

POLYESTER

JERSEY

Masyarakat Indonesia ternyata penggemar olah raga, hamper setiap jenas cabang olah raga ad penggemarnya bahkan olah raga tradsioanl asli...

POLYESTER,CARA MEMBUAT RUANG LABORATORIUM, KARUNGPLASTIK,MELT INDEX,OBAT JANTUNG,OBAT ASAM LAMBUNG