Maret 01, 2015

MENGENAL BAHAN POLYESTER DAN TEKNOLOGI POLYESTER 2 : Polymerisasi pembuatan Polyester



POLIMERISASI

Rincian Ilmu kimia Polymerisasi , kinetic dan pembuatanya yang telah disebutkan terahulu, dan dapat diperoleh dalam beberapa sumber,. Tujuan dari diskusi sekarang yang mana hanya untuk mereview tentang Kimia Polymerisasi.
Sintesa PET skala besar biasanya dilakukan dengan salah satu proses dari kedua proses yaitu : POLYMERISASI LELEH atau POLYMERISASI KONDISI PADAT., seperti digambarkan pada gambar di bawah.
Dalam Polymerisi Leleh Dimethyl Terphtalate ( DMT ) atau Terepthalic Acid ( TPA ) direaksikan dengen Ethylene Glycol ( EG ) dengan keahdiran satu atau kombinasi Katalis, Suhu dengan antara 190º C- 200ºC untuk membentuk Bis-Hydroxyethyl Terephtalate ( BHET/Monomer ) dengan menyingkirkan Metahnol ( kalau Bahan baku DMT ) atau Air ( apabila bahan baku TPA ). Produk BHET yang terbentuk di jadikan Polymer pada kondisi vakum pada suhu 275ºC - 285ºC dan Glycol sisa di destilasi.


Dalam Polimerisasi padat, biasanya diawali dengan material PET yang dengan berat molekul rendah,dibuat dengan Polymerisais leleh dan kemudian dirubah menjadi bentuk pellet atau serbuk. Prekusordipolimerisasi menjadi Polymer dengan Berat Molekul tinggi dengan cara dilakukan reaksi
dalam keadaan Vakum yang tinggi, Suhu dibawah ttitk leleh PET.
Biasanya suhu pada tahap ini berkisar antara 200 - 245ºC., ini sangat jelas bahwa PET yang dibuat dengan metode padat biasanya menghasilkan degradasi thermal yang rendah bila dibandingkan dengan hasil menggunakan metode basah.

Selanjutnya akan kami sampaikan tentang sistem Katalis, silahkan baca artikel ini juga :
Kami juga tersaji artikel tentang teori dasar kimia proses pembuatan Polyester, silahkan buka ini : 
Dan artikel berikut adalah : 
 
 Dalam reaksi pembentukan polymer akibat efek dari suhu dan tekanan yang tidak terkontrol dengan tepat tentu akan mengakibatkan terjadinya degradasi pada rantai polymer, silahkan buka dan baca artikel ini : 
 
 
salam / Sunarta
 






Tidak ada komentar:

POLYESTER

INFO LOWONGAN DI PT.BAKRIE CONTRUCTION DAN PT.SAHABAT UTAMA TRACO

Miftakhul Adnan Auliyanto Miftakhul Adnan Auliyanto • 1st • 1s...

POLYESTER,CARA MEMBUAT RUANG LABORATORIUM, KARUNGPLASTIK,MELT INDEX,OBAT JANTUNG,OBAT ASAM LAMBUNG